Minggu, 08 November 2015

PERLENGKAPAN SAFETY | SAFETY FIRST | PERLENGKAPAN KESELAMATAN DI KAPAL

PERLENGKAPAN KESELAMATAN DI KAPAL

• Belajar dari beberapa peristiwa kecelakaan kapal laut, misalnya tenggelamnya  kapal Titanic yang menelan korban ribuan jiwa, maka setelah beberapa kali  dikeluarkan peraturan keamanan secara regional organisasi IMCO (sekarang  menjadi IMO) pada 17 JUNE 1960 mengeluarkan peraturan internasional untuk Keselamatan Jiwa di Laut dikenal dengan nama SOLAS 1960, yang terus  disempurnakan dan ditambahkan pada tahun 1974, 1978, 1981, 1981, 1988, 1991,   1997 dan terakhir tahun 2000.

• SOLAS merupakan persyaratan yang harus dipenuhi untuk seluruh kapal yang  memilik GRT 250 ton keatas, untuk kapal-kapal yang GRT nya dibawah 250 ton  maka persyaratan harus mengikuti peraturan Pemerintah bendera kapal. • SOLAS menulis beberapa peraturan yang terbagi dalam beberapa Chapter, pada  saat ini sudah terdiri dari 12 chapter dan yang berkaitan dengan Peralatan  Keamanan adalah pada Chapter II - Construction - Fire protection, fire  detection and fir extinction serta Chapter III tentang Life-saving appliances and  arrangement. • Peralatan keselamatan peraturannya dikelompokkan untuk penggunaan dikapal jenis Kapal Penumpang dan Kapal Barang. • Melihat bahwa nama dan jenis peralatan keamanan belum secara keseluruhan  dikenal dengan nama baku Indonesia, maka banyak nama2 yang masih  menggunakan sebutan dalam bahasa Inggris.  Jenis peralatan keselamatan dikapal sangat dipengaruhi dari jenis kapal, gross  tonnage, bendera kapal, ukuran dimensi kapal dan jumlah orang yang berada  dikapal. PERALATAN YANG TERMASUK DALAM SAFETY EQUIPMENT PADA KAPAL


1. Dokumen / documentation 2. Peralatan Navigasi / Safety of Navigation 3. Perlengkapan penyelamat jiwa / life saving appliances 4. Pompa pemadam, hidran, selang dan alat pemadam / fire pumps, hidran, hoses and Extinguishers. 5. Perlengkapan pemadam kebakaran untuk ruang muat  / fire appliances in cargo spaces 6. Perlengkapan pemadam lain / other fire appliances 1. Dokumen / documentation
dokumen untuk keamanan sangat penting keberadaanya dikapal, antara lain yang dipersyaratkan adalah: - Fire control plan, adalah merupakan gambar / denah yang menunjukkan letak,  posisi, jenis dan jumlah alat keamanan dan pemadam kebakaran dikapal. - Muster list and emergency procedure, adalah daftar dan tugas awak kapal  untuk keadaan darurat. - Nautical publication, terdiri dari buku atau terbitan termasuk peta laut, yang  menjelaskan secara lengkap arah berlayar, check rambu suar, daftar pasang  surut dan informasi lain yang diperlukan. - International code of signal berisi daftar sinyal int. ter masuk daftar call sign dari  kapal. 2. Peralatan Navigasi / Safety of Navigation

Penjelasan tentang peralatan navigasi cukup panjang, dan bisa dilihat di postingan lainnya,>>> KLIK DISINI <<<
3. Perlengkapan penyelamat jiwa / life saving appliances

Yang termasuk dalam peralatan ini adalah:
- Peralatan dianjungan terdiri Line throwing appliances (alat pelempar tali), lengkap dengan roketnya.
- Parachute distress signal (sinyal bentuk parasit)
Gambar. Parachute distress signal
- Peralatan radio untuk survival
- Sekoci (life boat) merupakan boat penolong dengan kapasitas sesuai jumlah  penumpang pada setiap sisi Sekoci dilengkapi dengan bermacam perlengkapan, untuk digunakan sebagai alat survival (lihat daftar).
Gambar. Lifeboat
- Dewi-dewi (davits) adalah peralatan untuk menurunkan atau meluncurkan, sekoci ke laut, sistim peluncuran ini juga dilengkapi beberapa peralatan, penunjang seperti tali, tangga, lampu.

- Rakit penolong kembung (inflatable Liferaft) peralatan penolong berupa rakit  penyelamat yang terbuka menyerupai perahu karet setelah dilempar kelaut.  Rakit penolong ini ditempatkan disisi kiri dan kanan kapal dengan kapasitas  setiap sisi sesuai penumpang.




Gambar. Liferaft
Untuk kapal yang memiliki panjang lebih dari 100 m dipersyaratkan untuk  menempatkan satu life raft berkapasitas min. 6 orang dibagian depan (forward).  Pada life raft ada beberapa perlengkapan survival dan pada tabung (capsule)  life raft ada identifikasi nama kapal, port of registry dan kapasitas.  Life raft memiliki konstruksi penopang didek yang secara mudah dapat diluncurkan, atau secara otomatis akan lewatkan saat kapal tenggelam.

- Life jacket, jaket pelampung merupakan pelampung yang harus memenuhi  syarat dan dilengkapi dengan peluit serta lampu. Pelampung harus berwarna  orange dan ditambah material reflective supaya terlihat dari jauh dan pada  malam hari saat pencarian

-Lifebuoys, Ban pelampung untuk menolong orang yang tercebur jatuh kelaut.  Pelampung ini dilengkapi dengan tali sepanjang 27,5 m, ada yang dilengkapi  smoke signal dan lampu yang dapat menyala sendiri (self Igniting light). Pada  pelampung ditulis nama kapal dan pelabuhan pendaftaran. Untuk kapal yang memiliki bridge deck atau bangunan atas yang tinggi, dilengkapi alat peluncur  pelampung secara cepat dari deck anjungan. - Jumlah pelampung minimum 8 bh, 4 dilengkapi lampu, 2 dilengkapi smoke  signal dan dua hanya dilengkapi tali.

- Pilot ladder atau tangga pandu, yang digunakan untuk naik dan turun pandu  kapal. Daerah tangga harus dilengkapi lampu penerangan. Ada jenis tangga  pilot yang dilengkapi dengan sistim mekanis, tangga bisa naik turun dengan  winch.

Gambar. Tangga

4. Pompa pemadam, hidran, selang dan alat pemadam / fire pumps, hidran, hoses and Extinguishers.

Penjelasan tentang ini telah ada pada postingan sebelumnya,  >>> KLIK DISINI <<<
5. Perlengkapan pemadam kebakaran untuk ruang muat m / fire appliances in cargo spaces
Pada umumnya ruang muat menggunakan sistim pemadam kebakaran CO2  Instalasi CO2 dipasang pada bagian atas ruang muat, pipa akan mengalirkan CO2  mulai dari CO2 dalam tabung yang disimpan di ruang tabung CO2. Pipa tersebut akan menembus bulkhead secara baik dan berujung di seluruh ruang muat. Pengaturan aliran CO2 dapat diatur dari panel kontrol yang ada di  disekitar ruang tabung CO2  Sehingga pemadaman dapat dilaksanakan secara efektif maka seluruh lubang pada  ruang palkah harus dapat ditutup rapat, termasuk lubang ventilasinya.  Secara berkala instalasi CO2 harus diperiksa dan tabung ditimbang 6. Perlengkapan pemadam lain / other fire appliances
dikapal dilengkapi perlengkapan lain sebagai penunjang pemadam kebakaran  adalah firemen outfit, yaitu baju pemadam yang digunakan saat pemadaman  lengkap dengan safety lamp, life line, axe, helmet, baju, celana, sepatu dan sarung  tangan tahan api  Alat pernapasan (oksigen) yang terdiri dari masker dan tabung oksigen yang dapat  dikenakan pada saat pemadaman lengkap dengan beberapa tabung cadangan  Jumlah baju pemadam dan alat bantu pernafasan diatur sesuai persyaratan SOLAS  atau sesuai dengan ketentuan pemerintah bendera  Kotak pasir dan sekop, harus tersedia disekitar ruang mesin dan kapak besar  tersedia ditempat yang mudah dijangkau  Kapal dilengkapi pula dengan fasilitas international shore connection.


BINTANG PERKASA SAFETY

Supplier alat-alat safety terlengkap dan murah
Produk yang kami jual seperti:
- Coverall Nomex, coverall Tecasafe, Redwing Safety shoes, Safety Glasses, coverall coporate Pertamina, Hand Gloves, Safety Helmet, Masker, Fire Equipment, Perlengkapan Security, dll.
- Untuk pertanyaan apapun bisa hubungi kami ..

YATI SUMANANG: 
No Telepone:
                         082122470787: 021-91666120
Pin BB: 5498D0FC
Email:
                        Yati_sumanang@yahoo.co.id: Yatisumanang88.ys@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

JUAL PERLENGKAPAN SAFETY

• HELM SAFETY • MASKER SAFETY • KACAMATA SAFETY • PENUTUP TELINGA • BAJU KERJA SAFETY • SARUNG TANGAN SAFETY • SEPATU SAFETY • dll