Sabtu, 24 Oktober 2015

PERALATAN KESELAMATAN KERJA BUAT LAS LISTRIK

ALAT KESELAMATAN KERJA LAS LISTRIK


Alat-alat keselamatan kerja saat menggunakan las listrik antara lain:
1. Helm / topeng Las
Helm / topeng las melindungi mata dari pancaran busur listrik berupa sinar ultra violet dan infra merah yang menyala terang dan kuat. Sinar las ini tidak dapat dilihat secara langsung dengan mata telanjang sampai jarak 15 meter. Selain itu bentuk helm / topeng las yang menutup muka berguna melindungi kulit wajah dari percikkan api busur listrik dan asap gas dari proses peleburan elektroda pada las listrik.
Alat keselamatan kerja ini memiliki 3 lapisan kaca, yang terdiri dari satu kaca las khusus yang diapit oleh 2 kaca bening. kaca bening berfungsi melindungi kaca khusus tersebut agar tidak mudah rusak dan pecah.
Kaca las memiliki klasifikasi berbeda berdasarkan besar arus listrik yang dapat diatur pada mesin lasnya,
· Kaca las no.6 dipakai untuk las titik (tack weld)
· Kaca las no.6 dan no. 7 dipakai untuk pengelasan dengan arus sebesar 30 Ampere
· Kaca las no.8 dipakai untuk pengelasan dengan arus sebesar 30 Ampere - 75 Ampere
· Kaca las no.10 dipakai untuk pengelasan dengan arus sebesar 75 ampere - 200 Ampere
· Kaca las no.12 dipakai untuk pengelasan dengan arus sebesar 200 Ampere - 400 Ampere
· Kaca las no.14 dipakai untuk pengelasan menggunakan arus sebesar diatas 400 Ampere.
2.  Pakaian kerja (Apron)
Pakaian kerja berguna melindungi tubuh dari percikan. Apron terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar. Apron terdiri dari apron lengan dan apron dada.
3. Sarung Tangan (Welding Gloves)
Sarung tangan terbuat dari kulit atau asbes lunak sehingga tidak menghalangi pergerakan jari-jari tangan saat memegang penjepit elektroda atau peralatan lainnya. Sepasang sarung tangan harus selalu dipakai agar tangan tidak tidak terkena percikkan bunga api atau benda panas yang dilas.
4. Sepatu Las
Karakteristik sepatu las sangat berbeda dengan sepatu biasa pada umumnya. Sepatu las yang baik adalah yang terbuat dari bahan kulit dan diujungnya ada besi plat pelindung. Ini berguna untuk melindungi kaki dari kejatuhan benda kerja yang biasanya besi keras, berat, dan mungkin tajam.
5. Maskers
Berguna untuk menutup mulut dan hidung dari asap yang ditimbilkan oleh mencairnya fluks pada elektroda.
Alat keselamatan kerja las listrik hanyalah salah satu bagian dari sistem keamanan dan keselamatan kerja. Pemahaman terhadap resiko pekerjaan las listrik dan kesadaran dalam mematuhi prosedur kerjanya akan sangat membantu kelancaran dan keberhasilan pekerjaan.



BINTANG PERKASA SAFETY

Supplier alat-alat safety terlengkap dan murah
Produk yang kami jual seperti:
- Coverall Nomex, coverall Tecasafe, Redwing Safety shoes, Safety Glasses, coverall coporate Pertamina, Hand Gloves, Safety Helmet, Masker, Fire Equipment, dll.
- Untuk pertanyaan apapun bisa hubungi kami ..

YATI SUMANANG: 
No Telepone: 082122470787
                     : 021-91666120
Pin BB: 5498D0FC

1 komentar:

JUAL PERLENGKAPAN SAFETY

• HELM SAFETY • MASKER SAFETY • KACAMATA SAFETY • PENUTUP TELINGA • BAJU KERJA SAFETY • SARUNG TANGAN SAFETY • SEPATU SAFETY • dll